ads here

Menguak Kandungan dan Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

advertise here
Sipa yang tidak kenal dengan lele, salah satu tipe ikan ini lumayan tidak sedikit diminati sebab mempunyai rasa yang nikmat. Pecel lele mungkin adalah salah satu menu olahan ikan lele yang lumayan terkenal. Dalam sajian tersebut, ikan lele di goreng alias dibakar kemudian dibekali dengan sayur dan sambal.

Lele alias ikan keli (catfish) adalah sejenis ikan yang nasib di air tawar. Ikan leleh lumayan mudah dikenali sebab mempunyai bentuk yang tidak sama dengan tipe ikan air tawar lainnya. Lele mempunyai tubuh yang licin tidak bersisik, agak pipih memanjang, dan mempunyai kumsi yang panjang yang mencuat di kurang lebih tahap mulutnya.

Menguak Kandungan dan Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan

Lele adalah ikan budidaya air tawar yang sangat terkenal. Di Indonesia sendiri lele dikembangbiakkan untuk konsumsi dan juga untuk menjaga nilai air yang tercemar. Tidak jarangklai leleh ditaruh di tempat-tempat yang tercemar sebab bisa menghapus kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor wajib diberok (dipelihara pada air yang mengalir selagi kemarin hari dengan maksud untuk membersihkannya) sebelum dikonsumsi.

Bagi Kamu yang gemar mengonsumsi ikan lele, simak berbagai kandungan dan kegunaaan ikan lele bagi kesehatan berikut ini :

Sumber vitamin B12
ikan lele mengandung kadar vitamin B12 yang sangat tinggi. Dalam satu ekor ikan lele diketahui terkandung 40% asupan vitamin B12 yang direkomendasikan setiap harinya. Sebagai bagain dari vitamin B, vitamin B12 pada ikan lele sangat penting untuk menolong memecah makanan yang dikonsumsi sebagai energi. Tidak hanya itu, vitamin yang larut dalam air juga baerperan penting untuk kegunaaan otak, sistem saraf, dan pembentukan darah.

Rendah kalori dan lemak
Dalam 100 gram ikan lele hanya mengandung kurang lebih 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Mesikipun rendah kalori dan lemak, tetapi penting bagi Kamu untuk memperhatikan porsi makan dan tutorial pengolahannya. Apabila tidak, maka kadar kalori, lemak, dan kolesterol yang ada didalam lele justru bakal meningkat.

Untuk mencegah faktor tersebut, maka hindari mengolah ikan lele dengan tutorial digoreng. Sebagai gantinya, cobalah metode masak dengan tutorial dikukus, direbus (dijadikan sup), dibakar, alias dipanggang. Tidak hanya itu, sebaiknya Kamu juga memvariasikan opsi lauk pauk setiap hari. Terus bervariasi menu, maka bakal terus kaya dan sebanding pula asupan nutrisi bagi tubuh.

Mengandung asam lemak sehat
Untuk menambah asupan asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam tubuh, Kamu bisa mengonsumsi ikan lele dengan cara selalu. Faktor ini dikarenakan sebab dalam 1 ekor ikan lele terkandung kurang lebih 220 mg asam lemak omega 3 dan 875 mg asam lemak omega 6. Kedua nutrisi ini berperan dalam kesehatan jantung dan kegunaaan kognitif.

Mesikipun begitu, penelitian mengungkapkan, apabila asam omega 6 bisa memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan kepada proses oksidasi. Karen faktor tersebut, maka asam omega 6 bisa menambah risiko penggumpalan darah.

Oleh sebab itu, sebaiknya batasi konsumsi ikan lele sewajarnya untuk mengambil kegunaaan ikan lele sekaligus menekan risikonya.

Sumber protein lengkap
Ikan lele mengandung protein bernilai tinggi setidak sedikit 15,6 gram dalam setiap ekornya jadi sanggup memenuhi kebutuhan asam amino yang diperlukan tubuh. Protein bernilai tinggi tersebut bisa menolong tubuh membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga menolong menambah efektivitas kegunaaan kekebalan tubuh.

Rendah merkuri
Hampir semua ikan lele mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis besi berat hasil buangan dari limbah pabrik dan rumah tangga. Dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berkaitan dengan protein dalam otot ikan.

Apabila Kamu mengonsumsi ikan alias makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan bakal masuk kedalam tubuh. dalam jangka panjang, kandungan merkuri yang menumpuk dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan kesehatan, semacam keracunan merkuri bahkan kerusakan saraf, khususnya pada bayi dan anak-anak.

Tetapi, Kamu tidak butuh khawatir. Berita baiknya, Environmental Protection Agensy mencantumkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling tidak sedikit dikonsumsi dan mempunyai kandungan merkuri yang rendah. Mesikipun begitu, Kamu wajib masih membatasi konsumsi ikan lele untuk mengurangi risiko Kamu terkena paparan merkuri. Khususnya bagi bunda hamil, kadar merkuri yang tinggi bisa membahayakan janin. Pada umumnya, ikan lele aman untuk dikonsumsi setidak sedikit 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()